Apa Fungsi Musik?

Apa Fungsi Musik ?

fungsi musik

Apakah teman-teman sudah me-list tentang seberapa banyak manfaat/fungsi musik bagi Teman-teman? Apakah banyak manfaat yang positif atau malah negatif? Nah, coba kita list bersama, dan misalnya ada kekurangan mohon teman-teman tambahin ya…

Saya yakin teman-teman sudah paham dan mengerti apa itu musik, kalau masih belum silahkan membaca artikel “Apa itu musik?“. Banyak orang mengatakan “Dunia akan sepi dan tidak bermakna tanpa musik“, ya betul dan pasti teman-teman membetukan juga… Ok, tanpa berpanjang-lebar kita akan membahas satu-persatu manfaat dan fungsi musik. Selamat membaca “Apa Fungsi Musik?”…

Banyak manfaat yang kita dapat ketika kita bisa memainkan gitar, diantaranya:

1. Menghibur diri (Fun)
Tahu sendiri, di dunia ini tidak hanya ada perasaan senang saja… ada juga perasaan sedih. Yup betul, itulah fungsi musik. Untuk kesenangan dan menghibur diri dari rasa sedih dan gundah. Saat mood lagi gak bagus coba ambil gitar dan nyanyikan sebuah lagu, dapat 3 lagu pasti perasaan jadi lebih baik. Swear!!! Saya sering mencoba, sekarang giliran teman-teman ok!!!

2. Mengekspresikan perasaan (Expression)
Musisi/seniman musik sering bahkan selalu menuangkan perasaan yang ada dalam hatinya ke dalam suatu karya seni musik, dan biasanya perasaan itu ada yang curhat, patah hati, senang, rasa berontak, rasa ketidakadilan, rasa peduli sosial, dan lain-lain. Dengan menuangkan perasaan ke dalam karya musik, maka seniman bisa berekspresi. Untuk yang masih belajar memainkan alat musik juga bisa untuk berekspresi walaupun untuk tahap awal akan menghasikan karya yang tidak sebagus yang sudah biasa mengekspresikan perasaannya lewat musik.

3. Mereda ketegangan otak dan bathin (Refresh)
Kalau kita jalan-jalan dan menenukan warung kopi di pinggir jalan, maka akan banyak pelanggan warung kopi yang bermain alat musik (biasanya gitar) sambil bernyanyi-nyanyi. Mereka meredakan ketegangan otak yang disebabkan oleh banyak bekerja dan aktivitas lain. Dengan bernyanyi dan memainkan alat musik juga dapat menyejukkan bathin.

4. Bersosialisasi dengan lingkungan lebih mudah (Social)
Masyarakat dunia banyak meluangkan di cafe yang ada  pementasan musik, mereka menikmati kopi atau minuman lain dengan menikmati musik yang dibawakan oleh sebuah band. Di kalangan lain, banyak orang (masyarakat) bersosialisasi dengan cara ngobrol dengan memainkan musik. Itu semua bertujuan agar sosialisasi lebih mudah, sebabnya siapa yang gak kenal dan gak suka musik? menurut teman-teman di urusan Psikologi, orang mempunyai kecenderungan menyukai orang lain yang mempunyai kesamaan, dalam hal ini mempunyai kesamaan kesukaan terhadap musik. Masuk akal bukan?

5. Menghibur orang di sekitar (Entertaint)
Tidak semua orang bisa memainkan alat musik, tapi masih bisa menikmati musik (dalam tingkatan tertentu). Sama halnya dengan poin di atas, seorang pemain musik bisa menghibur orang lain yang tidak bisa memainkan alat musik.

6. Mendapatkan penghasilan (Fee)
Ini kaitannya dengan bisnis, teman-teman Saya yang bisa (bukan mahir) memainkan alat musik memberanikan diri untuk terjun dalam dunia hiburan/entertaint. Ya lumayan lah tiap kali mereka manggung, ada bayaran (fee). Bahkan teman Saya ada yang emang sudah jadi pemain band entertain profesional, dan mendapatkan penghasilan dari bermain musik… “Bersenang-senang dan dibayar” Lumayan loh!!!!

7. Menghasilkan karya musik (Creation)
Dalam otak kita banyak sekali bunyi-bunyian, ada bunyi orang menangis, nuansa-nuansa gothic, suara angin, anjing menggonggong dll… koq serem jadinya? hehehe… bercanda… :) ¬†Imajinasi/hayalan juga dapat diwujudkan dalam karya seni… bayangin aja kalau seorang pelukis tidak punya gambaran (visualisasi) dalam pikirannya? apakah dapat menghasilkan lukisan? sma sekali tidak!!!! Intinya Kita suatu saat ketika sudah dapat menguasai alat musik, kita akan dapat berhalusinasi, punya bayangan akan nada-nada yang sebenarnya dapat kita wujudkan menjadi karya seni musik. Bagaimana caranya? Teman-teman harus berusaha mencoba dan berlatih menerjemahkan apa yang ada di pikiran menjadi bunyi yang dihasilkan oleh alat musik yang kita kuasai…. Selamat mencoba & semangad!!!

8. Mengajarkan musik ke orang lain (Education)
Apa gunanya kita punya ilmu tapi tidak berguna bagi orang lain? Salah satu yang harus kita lakukan agar ilmu yang kita miliki bisa berguna bagi orang lain adalah mengajarkannnya kepada orang lain. Caranya sangat mudah, cukup orang lain suruh tirukan apa yang kita mainkan :) mudah kan???

9. Koordinasi otak kanan dan otak kiri (Coordination)
Wah yang terakhir ini agak susah dijelaskan, nanti teman-teman harus nge-check dan browsing lagi untuk masalah koordinasi otak kanan dan otak kiri okey…. Secara garis besar, tubuh bagian kanan di kontrol oleh otak kiri dan sebaliknya tubuh bagian kiri dikntrol oleh otak kanan. Sedangkan memainkan alat musik adalah koordinasi atau kombinasi kinerja dari tubuh bagian kanan dan tubuh bagian kiri. Jujur saja, otak kanan orang Indonesia itu jarang dignakan optimal. Otak kiri erat kaitannya dengan IQ sedang otak kiri erat kaitannya dengan EQ, dan banyak orang sukses mempunyai EQ yang baik pula. Untuk mengaktifkan dan mengoptimalkan otak kanan, bisa dengan cara memainkan alat musik….

Cukup sudah bahasan kita kali ini tentang fungsi musik, silahkan komentar dan tanggapi posting kali ini. Gratis ato Free koq hehehe….

 

powered by Les Gitar Malang

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pementasan Murid sekolah - Les Gitar Malang - [...] alat musik mempunyai banyak fungsi dan manfaat, kalau teman-teman belum tahu silahkan baca Apa fungsi musik? dan isalnya teman-teman …

Leave a Reply

*

Current day month ye@r *