Apa sih Capo Gitar itu?

Apa sih Capo Gitar itu?

Apa sih Capo Gitar itu? tengok ke bawah deh, yup betul itu adalah Capo gitar… teman2 pasti pernah melihatnya, para pemain gitar di Youtube? pemain band akustik? pemain fingerstyle? bahkan pemain gitar jalanan?

Emang apa sih Capo Gitar itu?

Capo gitar merupakan alat untuk meninggikan nada. misalnya nih, tuning gitar standart mulai senar 1 sampai 6 adalah E-B-G-D-A-E, setelah kita pasangkan CAPO gitar pada kolom 2 misalnya, nada senar gitar itu akan berubah menjadi F#-C#-A-E-B-F#. Jadi lebih tinggi kan? Paham? kalo gak paham tar komentar di bawah ya !! 🙂

Bentuk CAPO kok gitu sih?

ya gimana lagi bentuknya? ya gitu lah, seperti penjepit. Prinsip kerjanya persis juga seperti penjepit, ketika 2 gagangnya ditekan maka terbukalah penjepit (CAPO gitar) nya, abis itu di jepitin ke neck (stang) gitar. Kenapa bentuk CAPO gitar seperti itu, mungkin yang menciptakan CAPO terinspirasi dengan penjepit pakaian hehehe….

cara pemakaian capo gitar

ini penampakan CAPO pada gitar

Gimana Sejarahnya CAPO Gitar?

Pada dahulu kala ada seorang pemain gitar membuat lagu, sudah selesai musiknya yang dia bikin dari alat musik gitar, mulai dari Intro, Verse, Bridge, Reff, Midlle 8, Interlude, bahkan Outro. Pemain gitar bertemu dengan Vocalis dan menyuruh nya bernyanyi, ternyata nada permainan gitarnya gak pas sama jangkauan vocal si Vocalis. Pemain gitar sudah terlanjur nyaman dengan chord yang dimainkannya, setelah di pikir-pikir, muncullah ide… Pemain gitar menggambil pulpen dan karet dan mengikatnya pada neck gitar… beberapa waktu kemudian pemain gitar tersebut mulai mbikin bentuk CAPO modern seperti CAPO yang sekarang, yang banyak di pakai pemain gitar lainnya… TARA!!! itu sejarah terciptanya CAPO gitar..

les gitar malang - capo gitar

ilustrasi pemakaian capo gitar, sebelum tercipta capo gitar modern

Lihatlah gambar di atas, jika teman2 belom punya Capo , lakukan seperti gambar di atas hehehe… cukup siapkan pulpen dan karet gelang… maaf gak ada tutorial pemasangannya 🙂

NB: Cara mempermudah memainkan lagu juga bisa memakai Capo loh, ada hitung-hitungannya dan tabel nya… nah untuk belajar yang begini silahkan hubungi saya ya:)

SMS/WA 0856-4673-9063

BBM 517219A2

 

PASTI BERMANFAAT!!!

SMANGAD!!!

Leave a Reply

*