Pentas musik

Pentas musik
Pentas Musik

Pentas Musik – Les Gitar Malang

Pentas Musik?

Apa itu ya? Sebenernya saya tahunya di TV, tapi gak pernah lihat langsung. Aduh Bro, kemana aja Lu? Makanya sukanya jangan main HP dan liat sinetron aja!!! Gedubrak!!!

Yah, pernyataan seperti itu emang sering didengar kalau masa sekarang. Dimana Pentas Musik hanya ada dan diselenggarakan  pada komunitas musik tertentu. Kalau tidak ikut komunitas atau punya temen di komunitas, gak bakal tahu informasi tentang Pentas Musik. Dijamin!!!

Dahulu semasa saya (penulis) masih remaja di tahun 90-an sampai awal 2000-an, Pentas Musik sangat marak sekali, itu terbukti dengan banyaknya FESTIVAL dan PAEADE MUSIK, dan itu terbuka untuk UMUM.

Di sekolah SMP dan SMA banyak PENSI (Pentas Seni) dan di Kampus juga banyak Acara musik juga, bahkan banyak juga para Artis dan Musisi Papan Atas yang datang sebagai Bintang Tamu.

Jadi kalau para ABG jaman sekarang pengen sering2 main musik di atas panggung/pentas, ikutlah komunitas-komunitas musik di kota kalian.

Bagi yang udah kelewat ABG, yah bimbinglah adik2 kita biar bisa bermain musik dengan baik dan benar serta carikanlah Ajang untuk mereka bermain di panggung.

Beberapa hal yang harus disiapin untuk tampil di pentas, menurut pengalaman beberapa musisi yang saya temui kayak gini:

1. Menguasai lagu

Apa jadinya kalau mau pentas tapi lagunya belum dikuasai secara penuh, misalnya pas bagian reff memainkan gitarnya belum lancar. Kalau masih tetep ngotot untuk pentas padahal belum nguasai lagu sepenuhnya, bisa-bisa nanti malah berantem dengan teman band yang lain. Beneran loh!!! Alangkah baiknya kuasai dulu lagunya sebelum pentas dengan sering-sering latih dan mainin sesuai tempo lagu.

2. Mampu bermain kompak dengan band

Bermain secara band “susah-susah gampang”, kalau kita sudah menguasai lagu dan teman band kita belum nguasai lagu trus berlatih bermain bersama band, dijamin deh gak bakal harmonis lagunya. Biasanya berlatihnya kan di studio musik, sebelum berangkat ke studio banyakin latihan akustik dulu biar tar main di studio musiknya lancar dan lagu berhasil dibawakan dengan harmonis.

3. Suara alat musik sesuai

Yang paling ribet itu gitar, banyak pilihan suaranya mulai dari pemilihan Distorsi/OverDrive, Efek Modulasi, Efek Delay, Acoustic Simulator, Noise Supressor, Reverb, Equalizer, dll. Lihat deh banyak sekali pilihan suaranya, lebih baik lakukan eksperimen untuk menseting efek, biar juga nanti sesuai dengan kebutuhan lagu.

4. Membawa peralatan musik sendiri

Banyak dahulu band yang pake alat panggung, tapi ya gitu deh… Gak semua alat musik yang disediakan di panggung nyaman dipakai, bahkan kalau ada permasalahan di sound seperti kabelnya noise, wah bisa gagal nih pentas nya… Anak sekarang kayaknya udah banyak kemajuan, mereka bawa alat musik sendiri, gak tahu itu punya sendiri atau pinjem, yang pastinya mereka nyaman dengan alat musik yang dibawa sendiri. Saran saya jangan bawa Drum sendiri ya, lebih baik pakai drum nya panggung..

5. Kostum

Bermain musik di pentas gak berarti Kita menyajikan suara saja, kalau pengen denger musik aja mending denger mp3, tul gak? Di panggung Kita juga dilihat, makanya harus berpakaian yang pantas dan menarik karena juga menghibur penonton yang hadir. Gak punya pakaian yang cocok buat manggung? Pinjam!!!

Kalau semua hal itu sudah terpenuhi, Kalian saya jamin akan nyaman bermain musik di pentas.

PASTI BERMANFAAT!!!

SMANGAD!!!

Leave a Reply

*