Petikan gitar klasik

Petikan gitar klasik

Banyak pemain gitar yang ada di sekitar kita, kalau teman-teman lihat dan amati “apakah juga banyak di antara mereka yang bisa bermain petikan gitar klasik (finger style)?” Pasti akan lebih sedikit dijumpai. Karena memang peminat pemain gitar yang ingin memainkan petikan gitar sedikit dibanding dengan peminat pemain gitar yang ingin memainkan rhythm dan melodi gitar.

Seiring berjalannya waktu, Kak Puhawang sering mendapat sms dari teman-teman pembaca blog dan website Les Gitar Malang.. mereka menanyakan tentang bagaimana cara memainkan petikan gitar, dan yang mereka maksudkan adalah bermain petikan gitar klasik (finger style). Berarti, sekarang permainan gitar klasik mulai semakin disenangi oleh para pemain gitar saat ini.

Ok, untuk menjawab keingintahuan teman-teman tentang bagaimana cara bermain petikan gitar klasik, Kita mulai saja ya… Silahkan menyimak dengan seksama ūüôā

Petikan gitar klasik atau fingerstyle merupakan cara memaninkan gitar dengan cara memetik senar gitar satu per satu maupun memetik beberapa senar gitar bersamaan. Untuk kesempatan kali ini Kita akan membahas cara memainkan petikan gitar klasik, lebih fokusnya bagaimana cara tangan kanan kita memetik senar demi senar bergantian.

Ada 2 teknik dasar dalam memetik senar:
– Rest Stroke
Cara melakukan Rest Stroke yaitu sbb; tekan sembarang kolom pada senar pertama gitar, lalu petiklah dengan jari telunjuk, dan setelah selesai memetik, jari telunjuk bersandar (rest) pada senar ke-dua.
– Free Stroke
Cara melakukan Free Stroke yaitu sbb; tekan sembarang kolom pada senar pertama gitar, lalu petiklah dengan jari telunjuk, dan setelah selesai memetik, jari telunjuk tidak bersandar (free) pada senar ke-dua.

Perlu teman-teman ketahui pembagian jari kanan yang digunakan untuk memetik sbb:
Рibu jari      : memetik senar Bass (4, 5, dan 6)
– jari telunjuk : memetik senar 3
Рjari tengah   : memetik senar 2
Рjari manis    : memetik senar 1

Ini hanya untuk dasarnya dulu, nanti untuk pengembangannya bisa di variasi lagi. Trus kenapa Kak Puhawang membagi keempat jari kanan pemetik senar seperti di atas? alasannya adalah ketika telapak tangan Kita tempelkan pada Bridge gitar, maka secara otomatis letak jari-jari tersebut berdekaan dengan senar yang dipetik. Jari mana saja dan senar mana yang saling berdekatan? Ok, lihat lagi “Pembagian Jari Kanan” di atas.

Sebagai latihan dasar petkan gitar klasik, silahkan teman-teman membaca dan memainkan tablature berikut:

latihan petikan gitar klasik 1

Chord E7

Mainkan Free Stroke ketika memetik senar no. 3, 2, 1 (dipetik oleh jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis), dan 4 (dipetik ibu jari)

Mainkan Rest Stroke ketika memetik senar no. 5 dan 6 ( dipetik oleh ibu jari)

latihan petikan gitar klasik 2

Chord Am

Mainkan Free Stroke ketika memetik senar no. 3, 2, 1 (dipetik oleh jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis), dan 4 (dipetik ibu jari)

Mainkan Rest Stroke ketika memetik senar no. 5  ( dipetik oleh ibu jari)

 

Silahkan berlatih tablature di atas. Misalnya teman-teman ingin berlatih petikan gitar klasik dengan nada-nada, chord atau variasi yang lain langsung aja “comment” artikel ini… dengan segera akan saya balas..

Pasti Bermanfaat !!!

Smangad !!!

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Belajar Gitar - Les Gitar Malang - [...] memainkannya… Misalnya tentang Chord Gitar, cara memetik gitar, bisa memakai jari langsung (petikan gitar klasik) atau disebut FingerStyle, atau…