Rahasia prestasi murid Les gitar malang

Rahasia prestasi murid Les gitar malang

Siapa yang ingin berprestasi?

Kali ini Les Gitar Malang kan mengulasnya. Pasti menjadi harapan setiap orang, bahwa apa yang dipelajarinya akan membawakan hasil yang memuaskan bagi dirinya. Seperti bertahun-tahun belajar gitar tapi belum juga mahir dan bisa membawakan lagu seperti lagu aslinya, nah dari sini teman-teman harus intropeksi diri… Apakah kalian memang punya minat/kemauan dalam belajar atau tidak? atau teman-teman punya bakat atau tidak.

Sudahlah jangan membicarakan tentang bakat. Orang berbakat ataupun tidak, itu tidak bisa menjamin teman-teman bisa menguasai alat musik gitar. Yang terpenting disini adalah bagaimana cara mencapai tujuan yang kita inginkan, yaitu bagaimana cara kita agar berprestasi.

Seorang yang saya kagumi, Ust Felix Xiauw memberikan gambaran dan cara yang harus kita lalui untuk menjadikan yang kita pelajari menjadi sesuatu yang biasa dan terbiasa, atau kita sebut kebiasaan… bahasa kerennya HABITS.

Berikut beberapa langkahnya:

  • Learn

Learn (Belajar) adalah dimana teman-teman mendapatkan ilmu baru, dalam belajar gitar bisa saja teman-teman belajar permainan gitar dari buku/internet/teman/guru. Intinya ada pelajaran gitar baru yang dipelajari, gak cukup sampai disitu, CATAT!!! Harus ada catatan berupa TEXT (tulisan), AUDIO (Suara), atau VIDEO. Bisa salah satu dari itu atauboleh juga semuanya.

  • Commit

Apalah artinya belajar tanpa Commit (Komitmen), mending urungkan saja niat belajarmu dari pada membuang-buang waktu, uang, tenaga, pikiran. Percayalah. Komitmen dapat diartikan Susah maupun Senang dijalani. Dalam belajar pasti suatu saat menemukan titik jenuh, kalau teman-teman sudah berkomitmen pasti tetap belajar.

  • Practice

ya emang harus dilatih, apapun skill/keterampilan yang ingin dikuasai. Misalnya menghafal tangga nada diatonic, hafalkan posisinya dan mainkan. Simple…

  • Repetition

Pengulangan itu penting, karena hubungannya dengan mengingat dan melatih otot. kalau sudah ingat yang dipelajari dan otot yang dilatih udah bagus, hasilnya adalah kelincahan dalam bermain gitar.

  • Habits

Jadikan semua tahapan-tahapan di atas sebagai kebiasaan yang baik dalam belajar. Karena kalau sudah menjadi kebiasaan, semua keterampilan yang kita pelajari akan menjadi sesuatu yang mudah untuk kita kerjakan. Dan Habits/kebiasaan ini yang menjadi tujuan dari suatu pembelajaran.

Kalau teman-teman sudah mencapai tahapan Habits, pastinya keterampilan yang dipelajari itu sudah kelihatan hasilnya, misalnya dari penguasaan lagu atau aransemen instrumental. Dan jika ingin mempelajari sesuatu yang baru lagi, kembalilah ke tahap pertama yaitu Learn, dan ikuti tahapan selanjutnya sampai tahapan Habits lagi.

Tahapan seperti inipun Kami terapkan kepada murid-murid Les Gitar Malang “Harmony”, tanpa terkecuali. Dan kendalanya adalah pada tahapan “Commit” nya, ada yang bertahan sampai dia menguasai suatu keterampilan memainkan suatu lagu dan terkadang pula menyerah pada bagian-bagian tertentu yang dianggap sulit untuk dimainkan. Semua membutuhkan Commitmen yang kuat oleh murid.

Salah satu murid kami yang berhasil menjuarai lomba selain gambar di atas adalah Aston bersama band nya yang menjuarai lomba di Universitas Negeri Malang, kejuaraan antar SMA.

Les Gitar Malang - murid berprestasi

Les Gitar Malang – murid berprestasi

Saran Saya sebagai pengajar dan pembelajar yakni, jangan menyerah dalam mempelajari sesuatu terutama sesuatu yang kalian anggap sulit untuk dikuasi, jika itu sulit maka carilah pembelajaran yang lebih mudah terlebih dahulu dan kemudian belajar yang kalian inginkan tadi. Jadikan belajar sebagai suatu kebiasaan?Habits yang positif untuk mencapai prestasi seperti yang kalian inginkan.

 

Kiranya artikel dari Les Gitar Malang ini dapat memberi manfaat, jika ada yang perlu ditanyakan bisa melalui komentar di bawah…

 

PASTI BERMANFAAT !!!

SMANGAD!!!

Leave a Reply

*