Sulitkah bermain Gitar?

les gitar malang

Kalau bermain gitar kayak gini emang sulit!!! Beneran!!!

Siapa bilang bermain gitar itu sulit???? oh… banyak sekali ternyata, bahkan murid Saya pada awal-awal pertemuan bilang “koq sulit ya Mas belajar gitar?” ya bisa dimaklumi lah… dulu Saya juga merasakan begitu hehehe…. Ok kalau begitu, bermain gitar itu sulit!!!! (bagi yang belum bisa dan terbiasa loh ya!!!) 🙂

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, Guru mengajarkan materi baru dan tentunya Kita masih belum mengerti dan lambat laun dengan mempelajari tiap hari dan semakin sering, akhirnya kita bisa juga menguasai materi tersebut… betul kan??? ngaku aja dech!!!!

Bpk. SBY pun bermain gitar… Keren kan?

Sama dengan belajar gitar atau belajar apapun dech!!! awalnya Kita gak bisa, dengan berjalannya waktu dan dengan Kita mempelajarinya semakin sering (intense) akhirnya Kita juga bisa… Apa sih yag mustahil di dunia ini???? GAK ADA YANG MUSTAHIL DI DUNIA INI!!!!


Bahkan Bpk. SBY pun bisa dan senang bermain gitar, kerja seorang presiden berat banget loh teman-teman… Tapi mungkin Bpk. SBY bersungguh-sungguh dalam mempelajari gitar, maka akhirnya ya bisa juga… Salut untuk presiden RI Kita Bpk. SBY. Ayo sekarang untuk teman-teman, masak kalah dengan Bapak SBY? hehehe…..

Banyak sich suka dan duka saat belajar memainkan gitar, suka pasti akan Kita kenang bahkan duka akan menjadi cerita dan motivasi untuk teman-teman Kita lain yang sedang berjuang belajar gitar. Sukanya saat Kita menguasai lagu atau materi, sedang dukanya saat Kita kesakitan seara fisik sebagai dampak belajar gitar (baca juga ketekunan belajar gitar)

Setiap gitaris pasti pernah sakit kayak beginian.

Sulit bermain gitar itu ada karena beberapa alasan:

1. Kurang tersedianya sarana prasarana dan media

        Betul sekali, gimana caranya belajar gitar tanpa sarana dan prasarana? tidak ada gitar misalnya? oh, hampir mustahil untuk belajar gitar… tapi masih bisa pinjam teman dan tetangga kan? Yup itu adalah masalah!!!  Itu adalah hal yang menghambat/mempersulit Kita untuk belajar gitar. Media sangat membantu untuk mempercepat pembelajaran gitar, misalnya software Gitar Pro, atau tabulature dan partiture, dan Video Lesson Gitar. Tanpa media, belajar Kita akan kurang cepat dalam penguasaan permainan gitar alias mempersulit. Sudah cuku jelas??? kalau belum silahkan baca lagi, kalu sudah silahkan baca poin selanjutnya 🙂
2. Permainan Gitar yang Kita pelajari adalah hal yang benar-benar baru
          Memang butuh waktu untuk mempelajari hal-hal baru, butuh informasi yang cukup untuk kita olah dan praktekan. Kebetulan juga permainan gitar lebih mengutamakan skill dan teori sebagai pendukungnya. Tanpa informasi (pengetahuan) Kita akan benar-benar buta (tidak tahu) terhadap permainan gitar itu sendiri. Ini terasa sulit bagi pemula. Tapi sebenarnya hanyalah sebuah proses untuk menjadi tahu dan mengerti.
3. Masih beradaptasi dengan alat musik baru
          Tentulah Kita akan beradaptasi (penyesuaian) terhadap sesuatu yang baru, dari tidak/belum pernah memegang gitar sama sekali dan akhirnya memegang gitar. Pasti ada sesuatu ketidaknyamanan saat menyentuh dan mencoba memainkannya pertama kali. It’s Ok… semua pernah merasakannya, dan teman-teman juga akan merasakan hal yang sama…
4. Kurangnya niat dan konsistensi dalam belajar gitar
          Tanpa niat, semuanya akan berjalan setengah-setengah. Beneran!!! Buktikan saja ketika teman-teman mempelajari sesuatu dengan gak niat/kurang niat, hasilnya gak bakal optimal dan misalnya teman-teman bisa menguasainya pasti butuh waktu yang sangat lama. Konsistensi (keberlanjutan) lebih membutuhkan perhatian yang lebih pula, karena pasti akan ada ujian saat prosees belajar gitar berlangsung. Misalnya ada teman yang mengganggu waktu latihan, atau kemalasan yang seharusnya tidak teman-teman lakukan. Niat dan konsistensi yang kurang akan menjadi penghambat untuk belajar gitar dan hal ini yang biasanya menyebabkan teman-teman merasa suit untuk belajar gitar, padahal ini adalah perjuangannya. SEMANGAT!!!!
5. Kita malas dan jarang latihan gitar

          Tidak toleransi untuk kemalasan, tidak ada obatnya!!! tanya dech sama dokter hehehe…. tapi emang betul loh… gak ada obat untuk penyakit yang satu ini… bagaimanapun juga, tidak orang ahli dan mahir tanpa rajin belajar… Apalagi belajar gitar yang notabene merupakan hobby, kalau teman-teman malas untuk belajar gitar dan latihan, mana bisa mahir??? Kadang kala teman-teman yang merasa sulit belajar gitar menggunakan alasan ini untuk kegagalannya!!! miris sekali… Ok, sekarang teman-teman sudah tahu alasannya kan??? harus giat belajar gitar ya!!! dan jangan malas-malasan!!!

Samapai juga pada akhir postingan kali ini, harap nge-koment ya… biar setiap postingan terlihat rame dan bikin penulisnya tambah semangat menulis dan menulis lagi hehehe… 🙂

share

powered by les gitar malang

5 Comments

  1. Bagus banget artikelnya… Semangat mas!!!

  2. saya setuju sekali mas
    memang sangat benar
    tanpa bekerja keras
    konsisten,dan niat
    yang kuat belajar akan
    jadi setengah setengah
    bidang apapun itu…

  3. humam

    makasih atas pengarahanya mas….
    keep spirit for write…

    • puhawang

      Selalu SMANGAD!!! terimakasih telah membaca artikel saya, semoga bermanfaat 🙂

Trackbacks/Pingbacks

  1. Belajar Gitar - Les Gitar Malang - [...] Sulitkah Belajar Gitar ? [...]

Leave a Reply

*