Tips Hafal Chord dasar gitar

Tips Hafal Chord dasar gitar

Tips Hafal Chord dasar gitar ini Saya berikan untuk mempermudah bagi teman-teman dalam mempelajari Chord. Hanya untuk sekedar menghafal sih sebenarnya, ada 7 Chord dasar gitar mula dari chord A, B, C, D, E, F, G. Karena Chord dasar Gitar makanya Kita ambil Chord Mayor dan Minor saja.

Dengan menguasai Chord dasar gitar diharapkan teman-teman minimal bisa memainkan lagu, dan tentunya lagu-lagu dengan tingkat kesulitan dasar juga. It’s Ok, yang penting teman-teman bisa belajar dahulu, LEBIH CEPAT LEBIH BAIK…

Sebenarnya Chord dasar gitar mempunyai beberapa kesamaan:

  • Bentuk
  • Posisi kolom
  • Posisi nomor senar

Sebelumnya Kita lakukan penomoran pada jari, sbb:

  • Jari 1  = jari telunjuk
  • Jari 2 = jari tengah
  • Jari 3 = jari manis
  • Jari 4 = jari kelingking

Dengan adanya beberapa kesamaan ini, maka teman-teman dimudahkan dalam menghafalkan Chord dasar gitar. Ok, langsung Kita mulai saja pelajarannya…

Chord Pertama adalah A, Coba teman-teman lihat persamaan antara keduanya. Ada dua jari yang menekan pada posisi yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada jari 1 dan 4. Sangat mudah kan mengingatnya??

 

Chord ke-dua adalah C, Silahkan dilihat pada gambar.. ada persamaan posisi kolom dan posisi senar gitar, yaitu posisi yang ditekan oleh Jari 1 dan Jari 2. Dari Chord Am ke Chord C, teman-teman hanya memindahkan Jari 3 saja.

 

Chord ke-tiga adalah E, memang terlihat sama.. baik dari jari yang menekan senar dan posisi kolomnya. Dari Chord Am ke Chord E, teman-teman hanya tinggal menaikkan jari yang menekan Chord Am naik 1 senar untuk masing-masing jari.

 

Chord ke-empat adalah G, persamaan pada Chord C dan Chord G adalah kolomnya, jari 3 dan jari 2 berada pada kolom yang sama meskipun berbeda posisi nomor senar. Dengan menaikkan jari 2 dan jari 3 satu senar ke atas, melepas jari 1 dan tambahkan jari 4 ke senar 1 kolom 3, maka menjadi Chord G.

Chord ke-lima adalah Chord F Major 7. Saya memilih Chord F7M sebelum teman-teman memainkan Chord F, tujuannya agar pembelajaran lebih mudah. Tinggal memindahkan jari 3 dan jari 2 turun 1 senar untuk menjadi Chord F7M.

Chord ke-enam adalah Chord Bm. Bentuk dasarnya adalah sama seperti Chord Am. Untuk mendapatkan Chord Bm, teman-teman hanya tinggal menggeser 2 kolom maju atau menaikkan 1 nada dan menambahkan jari 1 pada senar 1 kolom 2. Ingat… rubah posisi jari seperti pada gambar di samping.

Chord ke-tujuh adalah Chord B. Bentuk dasarnya adalah sama seperti Chord A. Untuk mendapatkan Chord B, teman-teman hanya tinggal menggeser 2 kolom maju atau menaikkan 1 nada dan menambahkan jari 1 pada senar 1 kolom 2.

Chor ke-delapan adalah Chord Em. Sangat mudah sekali, hanya melepaskan jari 1 maka akan terbentuk Chord Em.

 

Chord ke-sembilan dan Chord ke -sepuluh adalah Chord D dan Chord Dm. Sebenarnya tidak ada kesamaan untuk Chord yang dua ini, tetapi masih sangat mudah untuk menyusunnya. Chord D dan Chord Dm mempunyai persamaan pada 2 posisi kolom dan posisi senar yaitu senar 2 kolom 3, dan senar 3 kolom 2, perbedaannya pada posisi senar 1 saja. Dari Chord D ke Chord Dm, tinggal mengubah posisi nada pada senar 1 mundur  1 kolom.

 

SANGAT MUDAH & SIMPLE dalam mempelajari Tips Hafal Chord dasar gitar.

Semoga BERMANFAAT.

SMANGAD!!!

 

 

4 Comments

  1. pas cher kamagra en ligne

  2. acheter priligy en ligne

  3. Ini metode yang paling mudah dipahami, saya sekarang sudah bisa memainkan chord meskipun pindahnya lambat 🙂 Makasih ya…

Leave a Reply

*